Gedung Filateli Bakal Alih Fungsi Jadi Ruang Kreatif Publik

July 14, 2021 by
Administrator


Gedung Filateli yang merupakan gedung pos bersejarah akan dialihfungsikan menjadi ruang kreatif yang akan digunakan sebagai ruang berkarya, pertunjukan musik, diskusi, dan tempat bagi usaha kecil menengah dan usaha mikro kecil menengah (UKM/UMKM) yang bergerak di bidang kuliner, musik, film, fesyen dan kriya.

Tempat yang pada masa silam merupakan Gedung Kantor Pos Pasar Baru tersebut akan bertransformasi menjadi Pos Bloc. Proyek tersebut digarap atas kerja sama PT Ruang Kreatif Pos yang merupakan anak perusahaan dari PT Radar Ruang Riang dengan PT Pos Properti. "Gedung ini merupakan gedung nostalgia dari jaman kolonial, mudah-mudahan ke depannya jadi gedung nostalgia bagi millenials. Kami harapkan anak-anak kreatif itu bisa mengembangkan kreativitasnya di bangunan ini, saling sharing knowledge, saling berbagi pengetahuan," kata Dirut PT POS Properti Indonesia, Handriani Tjatur Setijowati dalam konferensi pers virtual.

Hal dan harapan serupa juga diungkapkan oleh Jimmy Saputro yang merupakan CEO PT Ruang Kreatif Pos. "Dulunya tempat ini adalah tempat yang strategis, kami ingin mengembalikan cita rasa itu. Nantinya akan jadi tempat baru untuk para insan kreatif di jakarta, serta akan menjadikan ruang ini ruang relaksasi," ungkap dia.

Menurut Jimmy, ada dua fokus pembangunan dari lahan seluas 6500 meter persegi milik PT Pos Indonesia itu, yakni pembangunan Pos Bloc sebagai ruang kreatif publik (creative hub) dan ruang untuk UKM dan UMKM.

Pos Bloc Jakarta tahap pertama akan dibuka pada 17 Agustus 2021. Sedangkan pengembangan tahap kedua bakal dilakukan pada 2022.

Pembukaan Pos Bloc Jakarta akan mengawali pembukaan Pos Bloc di dua kota lainnya, yakni Surabaya dan Medan.

"Ini adalah cikal bakal pertama, aset heritage kami yang pertama yang kami ubah fungsinya menjadi creative hub yang nanti secara berkala kami akan melakukan kerja sama dengan PT Radar Ruang Riang untuk aset heritage di Surabaya dan Medan," tutur Handriani Tjatur.

Sebelumnya, PT Radar Ruang Riang telah membuka M Bloc Space di bilangan Melawai (Blok M), Jakarta Selatan. M Bloc merupakan ruang kreatif yang menggabungkan berbagai aspek industri kreatif dengan musik sebagai penggeraknya.

Seperti halnya M Bloc Space, Pos Bloc Jakarta juga akan memiliki ruang untuk pertunjukan musik.

 

Source : Detik.com


in News
Administrator July 14, 2021
Share this post
Tags
Our blogs
Archive