PT Pos Properti Indonesia Siap Sulap Kantor Pos Medan Menjadi "Pos Bloc Medan"

Proyek Bersama PT Ruang Kreatif Pos Ini Direncanakan Akan Launching Pada 17 Agustus 2022 di Hari Kemerdekaan
April 13, 2023 by
Administrator


Medan, 13 April 2022 – PT Pos Properti Indonesia menggandeng PT Ruang Kreatif Pos akan segera memulai proses renovasi Kantor Pos Medan menjadi Pos Bloc Medan. Rencananya ruang kreatif publik itu akan launching bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 2022.

Direktur PT Pos Indonesia Handriani Tjatur Setiowati mengungkapkan pembangunan Pos Bloc Medan ini bertujuan untuk menjadi wadah anak muda Medan dalam mengeksplorasi daya kreatifitasnya.

"Keberadaan aset-aset Pos Indonesia di seluruh Indonesia adalah salah satu kekuatan dari PT Pos Indonesia, di mana sebagiannya merupakan bangunan-bangunan heritage peninggalan kolonial Belanda. Memanfaatkan bangunan heritage dengan kegiatan anak-anak muda zaman kini merupakan satu keunikan tersendiri," ujar Wati, sapaan akrabnya, sewaktu menghadiri acara Jumpa Pers Pos Bloc Medan, Selasa (12/4/2022).

Sementara itu, Direktur Utama PT Ruang Kreatif Pos Jimmy Saputro menyebutkan jika revitalisasi ini nantinya tidak akan meninggalkan identitas awal sebagai bangunan bersejarah namun akan mampu menggerakkan roda ekonomi kreatif.

"Kami menyambut gembira sekaligus merasa terhormat dapat berkolaborasi dengan PT Pos Properti Indonesia dalam mengalihfungsikan serta mengelola aset negara yang sangat bersejarah ini menjadi ruang kreatif publik yang berjiwa kekinian namun tidak meninggalkan identitas awalnya," ungkap Jimmy.

"Semoga Pos Bloc Medan dapat menjadi game changer untuk menghidupkan kembali dinamika kreatif di sekitar kawasan Kesawan serta berdampak bagus bagi lingkungan di sekitarnya. Pos Bloc juga merupakan wadah pemberdayaan UKM/UMKM Indonesia yang sudah siap naik kelas. Kami membuka kesempatan lebar untuk berkolaborasi demi kesuksesan bersama," tambahnya.

Nantinya, di area gedung yang kini sudah ditetapkan sebagai Bangunan Cagar Budaya tersebut akan menghadirkan banyak tenant UMKM yang bergerak di berbagai bidang industri kreatif seperti kuliner, musik, film, fashion, hingga kriya.


Setidaknya ada dua ruangan di gedung Kantor Pos Medan yang rencananya juga akan dialihfungsikan menjadi venue musik yang diberi nama Pos Bloc Live House serta M Bloc Market, toko kelontong masa kini yang menjual berbagai produk UMKM yang telah dikurasi.

"Kantor Pos Medan akan direvitalisasi untuk dijadikan Pos Bloc, sebagai wadah dalam memajukan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Medan. Insya Allah revitalisasi Kantor Pos Medan akan dilakukan pada tahun ini dan nantinya Pos Bloc akan dijadikan sebagai tempat nongkrong warga Medan dikarenakan toko kreatif, co-working, studio digital hingga Live House akan dibangun di dalamnya. Pengembangan Kantor Pos Medan akan melestarikan bangunan bersejarah sekaligus menaikkan kelas UMKM lokal," tulis Wali Kota Medan Bobby Nasution via akun Instagram @bobbynst.

Kantor Pos Medan yang terletak di jantung kota Medan, tepatnya di Jalan Pos No. 1, kawasan Kesawan ini memiliki luas bangunan 1.200 meter persegi, lebar 20 meter, panjang 60 meter serta tinggi 20 meter dirancang oleh arsitek Belanda Bernama Ir Simon Snuyf dari Burgelijke Openbare Werken (BOW), semacam Dinas Pekerjaan Umum Hindia Belanda Bangunan kantor pos ini pertama kali dibangun pada tahun 1909 dan rampung pada 1911.

Lokasinya persis berseberangan dengan Lapangan Merdeka yang pada zaman kolonial dahulu disebut Esplanade, ruang terbuka utama di depan Gedung Balaikota.

Gedung Kantor Pos Medan ini sejak ratusan tahun yang lalu telah menjadi salah satu landmark kota Medan bersama dengan gedung-gedung lain di sekitarnya seperti Balaikota, Rank Indonesia, hingga Hotel De Boer.

Melalui kolaborasi yang sama, PT Pos Properti Indonesia juga sukses meresmikan Pos Bloc Jakarta pada 10 Oktober 2021 lalu.


in News
Administrator April 13, 2023
Share this post
Tags
Our blogs
Archive